Senin, 19 November 2012

TUGAS ORGANISASI DAN ARSITEKTUR KOMPUTER PERTEMUAN KE - 3

1. Input Output

¨Input Output (I/O) merupakan komponen pokok dari sistim mikroprosesor.
> Informasi di luar CPU harus dikumpulkan dan diproses.
> Begitu diproses informasi harus disajikan dan dikirim untuk mengendalikan berbagai peralatan Input Output.
Perkembangan mikroelektronika telah mendukung perkembangan I/O dari unprogrammable ke programmable sistim. Sehingga sistim menjadi sangat fleksibel.

> Informasi di luar CPU harus dikumpulkan dan diproses.
> Begitu diproses informasi harus disajikan dan dikirim untuk mengendalikan berbagai peralatan Input Output.Perkembangan mikroelektronika telah mendukung perkembangan I/O dari unprogrammable ke programmable sistim. Sehingga sistim menjadi sangat fleksibel.> Informasi di luar CPU harus dikumpulkan dan diproses.> Begitu diproses informasi harus disajikan dan dikirim untuk mengendalikan berbagai peralatan Input Output.Perkembangan mikroelektronika telah mendukung perkembangan I/O dari unprogrammable ke programmable sistim. Sehingga sistim menjadi sangat fleksibel.> Sebelum ada program sebuoh programmable I/O belum punya format fungsi Port. Fungsi port terbentuk setelah ada inisialisasi pada awal pemakaian.
> Beberapa komponen I/O terprogram yang sangat populer dalam dunia sistim mikroprosesor adalah Z-80 PlO dan PPI 8255.> Berdasarkan-pola aliran data pada I/O dapat digolongkan menjadi dua yaitu :
ØI/O Paralel
ØI/O  Serial


A.Sistem BUS.Sebuah bus sistem adalah satu bus komputer  yang menghubungkan komponen utama dari sebuah sistem komputer. Teknik ini dikembangkan untuk mengurangi biaya dan meningkatkan modularitas. Ini menggabungkan fungsi dari data bus untuk membawa informasi, sebuah bus alamat  untuk menentukan mana harus dikirim, dan bus kontrol  untuk menentukan operasi.Meakipun populer di tahun 1970-an dan 1980-an,komputer modern menggunakan berbagai bus yang terpisah disesuaikan dengan kebutuhan yang lebih spesifik.

B.Standar input/output interface.Input / Output standar (I / O) pelaksanaan komponen dirancang untuk menciptakan server-side memperluas metode dalam salah satu bahasa scripting beberapa di UNIX berbasis server. Anda bisa menerapkan komponen I / O standar menggunakan sebuah program yang dikompilasi, tetapi Dynamic Link Library (DLL) akan jauh lebih efisien. Pilihan I / O penerapan standar tidak tersedia untuk server yang berjalan di bawah Microsoft Windows 95 atau Microsoft Windows NT ®, dan hanya dapat digunakan untuk mengimplementasikan server-side memperluas metode, dan bukan sisi klien metode edit.
Pelaksanaan I / O Standar ini dirancang untuk menjadi seperti mirip dengan program CGI tradisional mungkin.Data akan diteruskan ke komponen I / O Standar dalam dua cara. Variabel lingkungan CGI dilewatkan melalui lingkungan proses '. Dua lainnya kamus (atribut komponen dan variabel bentuk) yang digabungkan menjadi satu kamus, dan diteruskan ke implementasi komponen melalui file input standar proses dalam WWW-form-urlencoded format. Ini adalah format yang sama diharapkan oleh setiap skrip CGI standar yang mengharapkan untuk menangani pengiriman form. File output standar yang digunakan untuk mengembalikan HTML yang dihasilkan.
Jika Anda ingin membuat komponen dalam bahasa scripting selain Perl dan Tcl (bahasa yang digunakan dalam contoh SDK FrontPage), Anda perlu memastikan bahwa bahasa scripting mendukung standar I / O, dan Anda perlu membuat prosedur yang mem-parsing membentuk data dari file input standar ke struktur data internal.Ada banyak contoh rutinitas seperti untuk bahasa lain yang tersedia di Internet.


C.Pengaksesan peralatan input/output.
Input / Output tergantung pada perspektif mengubah sinyal-sinyal bahwa pengguna manusia bisa melihat atau membaca. Untuk pengguna proses membaca atau melihat representasi ini adalah menerima masukan. Interaksi antara komputer dan manusia dipelajari dalam bidang yang disebut interaksi manusia-komputer. CPU dan memori utama dianggap sebagai otak dari komputer, dan dari sudut pandang adanya transfer informasi dari atau ke kombinasi itu, misalnya untuk atau dari disk drive, dianggap Input / Output. CPU dan sirkuit pendukungnya menyediakan memori-mapping Input / Output yang digunakan dalam pemrograman komputer tingkat rendah dalam pelaksanaan driver perangkat. Sebuah Input / Output merupakan salah satu algoritma yang dirancang untuk mengeksploitasi lokalitas dan melakukan efisien bila berada pada penyimpanan data sekunder, seperti disk drive.Input / Output Interface diperlukan setiap kali Input / Output device didorong oleh prosesor. Antarmuka harus memiliki logika yang diperlukan untuk menafsirkan perangkat alamat yang dihasilkan oleh prosesor. Handshaking harus dilaksanakan oleh antarmuka menggunakan perintah yang sesuai seperti (Sibuk, SIAP, WAIT), dan prosesor dapat berkomunikasi denganInput / Output device melalui antarmuka. Khusus Input / Output monad, yang memungkinkan program untuk hanya menguraikan Input / Output, dan tindakan yang dilakukan diluar program. Hal ini penting karena Input / Output fungsi akan memperkenalkan efek samping untuk setiap bahasa pemrograman, tapi sekarang pemrograman fungsional murni praktis. Berikut alamat yang dapat disimpan dalam register. Instruksi akan memiliki register yang memiliki alamat tersebut. Jadi untuk mengambil data, instruksi harus mendaftar didekode sesuai dipilih. Isi register akan diperlakukan sebagai alamat menggunakan alamat lokasi memori yang sesuai dipilih dan data dibaca / ditulis. Port-mapping Input / Output biasanya memerlukan penggunaan instruksi yang secara khusus dirancang untuk melakukan Input / Output operasi.






2. Arsirektur Family Komputer (IBM)

IBM PC adalah sebutan untuk keluarga komputer pribadi  buatan IBM . IBM PC diperkenalkan pada 12 Agustus 1981, dan “dipensiunkan” pada tanggal 2 April 1987. Sejak diluncurkan oleh IBM, IBM PC memiliki beberapa keluarga, yakni :
§  IBM 4860 PCjr
§  IBM 5140 Convertible Personal Computer (laptop)
§  IBM 5150 Personal Computer (PC yang asli)
§  IBM 5155 Portable PC (sebenarnya merupakan PC XT yang portabel)
§  IBM 5160 Personal Computer/eXtended Technology
§  IBM 5162 Personal Computer/eXtended Technology Model 286 (sebenarnya merupakan PC AT)
§  IBM 5170 Personal Computer/Advanced Technology

A.Famili IBM PC dan Turunannya.

Komputer personal pertamakali muncul setelah diperkenalkan mikroprosesor, yaitu chip tunggal yang terdiri dari set register , ALU dan unit kontrol computer. IBM PC merupakan arsitektur bus tunggal yang disebut PC I/O Channel BUS atau PC BUS. PC BUS melengkapi PC dengan 8 jalur data, 20 jalur alamat, sejumlah jalur kontrol dan ruang alamat fisik PC adalah 1 MB
B.Konfigurasi Mikrokomputer Dasar :
1.     Chipset adalah set dari chip yagn mendukung kompatibel yang mengimplementasikan berbagai fungsi tertentu seperti pengontrol interupt, pengontrol bus dan timer.
2.    Chip khusus yang di sebut koprosesor yang beroperasi bersama dengan CPU guna meningkatkan fungsionalitasnya

C.Komponen IBM PC

1. Sistem Kontrol BUS
Pengontrol BUS , Buffer Data dan Latches Alamat
2. Sistem Kontrol Intrerrupt
Pengontrol Interrupt
3. Sistem Kontrol RAM dan ROM
Chip RAM dan ROM, Decoder Alamat, dan Buffer
4. Sistem Kontrol DMA
Pengontrol DMA
5. Timer
Timer Interval Programmable
6. Sistem Kontrol I/O
Interface Paralel Programmable

D.Sistem Software

1. Penetapan Alamat Port I/O
2. Penetapan Vector Interrupt
3. ROM BIOS
4. Penetapan Alamat Memori

E.Manfaat Arsitektural Arsitek Komputer.

1.Kemudahaan penggunaan
2.Daya Tempa
3.Daya Kembang
4.Expandibilitas

REFERENSI/SUMBER =

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Powered By Blogger